karena itu aku memanggilnya guru di

Kalau ingat percakapan ini selalu bikin ngakak sendiri. menertawakan kebodohan diri sendiri. tapi karena inilah aku memanggilnya Guru Di, karena dia selalu mengoreksi kesalahanku :

+ Kata terakhir tuh digenggaman. Salah tuh. Dipisah harusnya.

– X_X ampun

+ Ya kan?

– Iya.. iya.. *bingung

+ Bingung kenapa? Belum paham bener soal ‘di’?

– dipisah ya? aduh ampun. sekali-sekali salah…

+ tapi beneran udah paham blm soal ‘di’?

– iya udah.. kesalahan sudah banyak berkurang kan?

+ hehe iya. salah ketik dan emang belum paham itu beda kan ya😀

– keliru sekali-sekali.

+ iya klo gitu artinya keliru karena salah ketik, bukan karena emg belum paham soal ‘di’. ya kan?

– iya. yang menyatakan tempat itu di pisah. gitu kan?

+ nah itu kamu salah lg nulis ‘di pisah’😀

– hadeuh ampun dah. konsentrasi mulei menurun. klo ujian malam ini jelas ga lulus kayanya -_-”

+ baiklaaaah

– heran sendiri bisa salah2. aku nulis status di bb satu lagi aja salah-salah.

+ hehe.. kamu kenapa? cape? istirahatlah.

++++++++++++++++++++++

pelajaran tambahan ini dicukil dari tulisan Goenawan Mohamad berjudul Di Manakah ‘Di’?

+
 
Coba kita memasuki Jalan Diponegoro. Di depan Taman Surapati akan tampak sepetak tanah yang rapat dikelilingi pagar, dengan sekalimat pemberitahuan:
 
DI SINI AKAN DI BANGUN.
 
Si penulis pemberitahuan itu pasti tak tahu ada dua macam “di” dalam kalimatnya yang seharusnya berbeda. “Di” yang pertama menunjukkan tempat — yang harus dituliskan terpisah dari kata yang menunjukkan tempat itu. “Di” yang kedua merupakan sebuah awalan untuk sebuah kata kerja pasif — yang harus merapat pada kata yang diawalinya.
 
Bedanya? Kita tahu, “di langgar” (artinya: di surau) tidak sama dengan “dilanggar” (artinya: ditabrak).
+
Ruang redaksi, setelah diskusi dengan kk Mirza (yang juga selalu mengingatkanku soal ‘di’ dan ‘ke’)
28 Oktober 2012

 

2 thoughts on “karena itu aku memanggilnya guru di

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s