Sepotong Kue Cokelat dan Kabar tentang Sahabat

Kabar itu mengalir ketika aku tengah mengiris sepotong kue cokelat berlapis-lapis. Kiriman terlambat, untuk seorang kawan yang berulangtahun dua hari lalu. Kabar yang mengalir ringan itu membuatku berdetak. Hilang selera pada kue yang terlanjur berpindah ke piring.

“Dia didepak,” begitu kabar yang sampai kepadaku. Bagaimana bisa aku menggigit kue enak itu, sementara pikiran ini teringat pada seorang kawan yang tengah susah.

Cerita sedih macam ini sudah sering kudengar. Apa namanya kalau bukan miris, ketika di luar sana wartawan meliput peristiwa-peristiwa besar, mengabarkannya ke seluruh dunia, mengkritisi macam-macam, namun untuk mencukupi nasib sendiri sesak napas, tertatih terjungkal. Urusan macam ini, kawan, tidak bisa diselesaikan dengan sikap pasrah. Penting untuk bicara, terlepas dari apapun hasilnya.

Rasa sedihku ini, bukan hanya karena tak bisa berbuat banyak untuk membantumu. Karena aku tak punya apa-apa, kecuali semangat yang bisa kubagi denganmu. Sedihku ini, karena kehilangan guru dan teman yang menemaniku belajar di lapangan.

Dari tulisan-tulisanmu aku banyak belajar. Merunut logika, membahasakan angka. Menulis segala yang teknis, rumit dan benang kusut buatku, menjadi sistematis dan mudah dicerna. Memercikkan semangat, bahwa ada hal-hal menyenangkan di tengah segala kerumitan dan hal asing (buatku) yang kita temui setiap hari.

Sampai jumpa. Semoga segera mendapat tempat baru dan kita bisa seru-seruan di lapangan lagi. Segigit kue cokelat ini terasa pahit, sepahit kabarmu yang mampir mendadak itu.

*akan kangen seruputan kopimu yang khas itu.

-eNJe-

Persrum Kemenperin selepas Magrib, 2 November 2012.

One thought on “Sepotong Kue Cokelat dan Kabar tentang Sahabat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s