The Unknown Errors of Our Lives-Chitra Banerjee Divakaruni (kumpulan cerpen)

Nyonya Dutta Menulis Surat

38

Dalam surat khayalannya dia menulis, Wanita harus kuat, tidak bereaksi seperti ini terhadap segala macam hal kecil. Kau dan aku, Roma, banyak hal yang jauh lebih parah yang perlu kita tangisi, tapi toh kita mengucurkan air mata tanpa terlihat orang. Kita istri dan anak-menantu yang baik. Patuh dan tidak pernah mengeluh. Tidak pernah mendahulukan kepentingan diri sendiri.

44-45

Aku tidak bisa menjawab pertanyaanmu tentang apakah aku bahagia, karena aku sudah tidak yakin apa sebenarnya kebahagiaan. Yang kutahu hanya bahwa kebahagiaan bukan seperti yang kusangka. Bukan tentang rasa yang dibutuhkan. Bukan juga tentang berkumpul bersama keluarga. Kebahagaiaan itu letaknya dalam memikirkannya.

+

Cinta Seorang Pria Baik

100

Mungkin saja kebahagiaan, yang sudah tidak kuharapkan adalah kemungkinan yang tidak terpetakan, geografi yang belum dijinakkan, yang patut memperoleh jerih payah penjelajahan.

103

Amarah adalah penghancur paling dahsyat. Dalam tahun terakhir itu, ketika dia tahu dia sekarat, sedangkan aku tidak, Ibu punya banyak alasan untuk sering mengatakan hal itu kepadaku. Mungkin dia benar tentang amarah. Aku tidak menyangkalnya.

+

Kesalahan-Kesalahan yang Tidak Diketahui Dalam Hidup Kita

212

Gagasan untuk menemukan kesalahan-kesalahan mempunyai nilai berharga, hanya saja kesalahan Ruchira begitu sepele dan kekanak-kanakan, seperti gadis pada umumnya. Waktu dia menceritakan kepada Matra bahwa menurutnya Kevin sangat menarik, namun kemudian mendapati informasi itu akhirnya kembali lagi padanya, dengan dilebih-lebihkan dan dengan detail anatomis yang kasar, dari dinding-dinding kamar mandi permepuan.

212-213

Ruchira sudah berdamai dengan kekeliruan penilaian dan keterlanjuran, dia sudah menerima kenyataan hal-hal itu akan selalu menjadi bagian hidupnya. Seandainya ada orang-orang tanpa kesalahan di dunia ini, dia tidak ingin mengenal mereka. Dia yakin mereka pasti bersikap sangat tidak ramah. Itu faktor yang disukainya pada Biren-semua kesalahan diakuinya.

Sarang, 26 November 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s