Sarapan buBLUR

(+) Gmn Blurnya? Udah dibaca?

(-) Baru pengantarnya hehe

(+) Menarik?

(-) Iya lah

(+)😀

(-) Saya sih hampir yakin di kalangan wartawan pun hanya segelintir yang tahu dan pernah baca buku-buku Bill Kovac dan Andreas Harsono ini. Baik wartawan senior maupun junior.

(+) Iya betul. Kenapa ya? Ketertarikan mencari informasi yang kurang, apa gimana ya?

(-) Untuk taunya, tanyalah teman-teman kita sendiri. Pertama sih soal ketertarikan sama membaca. Terutama baca buku sih. Kedua ya mungkin ketertarikan sama profesinya sendiri.

(+) Nah itu. Jadi wartawan cuma supaya kerja saja. Hatinya gak di sini.

(-) Iya, itu dia. Iya begitulah. Mereka cuma kerja. Tidak punya rasa ketertarikan mendalam sama profesi ini.

(+) Makanya ada namanya wartawan instan, wartawan karbitan. Bekal dari kantor masing-masing tentang basic wartawan juga minim.

(-) Itulah

(+) Aku sendiri nggak pernah dapat pelatihan apapun kecuali penulisan editorial kemarin itu.

(-) Nah kan

(+) Apa yang salah ya?

(-) Entahlah

(+) Kenapa manajemen media begitu sulit untuk melatih wartawannya baik-baik? Langsung diterjunkan, belajar karena terbentur sendiri. Padahal mulanya perlu dibentuk dulu.

(-) Yup

(+) Kalau sesudah proses pembentukan tidak tertarik, berarti yaaa memang orangnya yang salah. Serius juga obrolan kita pagi ini😀

(-) Ya begitulah.. hehehe… Saya menilai buku-buku Bill Kovac, Andreas ini sangat penting untuk dibaca dan dipraktekan. Terutama buat wartawan.

(+) Aduh. Kalau lebih banyak yang baca, kualitas berita pasti lebih baik daripada yang ada sekarang.

(-) Harusnya buku-buku semacam dia itu jadi semacam buku wajib baca atau katakanlah kitab sucinya wartawan.

(+) Iya seharusnya begitu. Makanya aku geli ketika wartawan-wartawan perempuan berkerudung itu bikin komunitas. Engga ada isinya.. penampilan aja diurusin. Di lapangan aja belum paham gimana kerja wartawan.

(-) Iya tuh heuheuheu… di temen-temen yang reporter pun yang tau buku-buku Bill Kovac hanya sedikit. Yang saya tahu sih.

(+) Bacaan macam Blur, apa bisa menyelamatkan kondisi seperti sekarang? Sebenarnya harus dibenerin dari mana sih?

(-) Mungkin seperti ini mulainya. Untuk mengatasi masalah, orang harus pandai dan benar dulu memetakan masalah. Kalau dia sudah pandai, tahu dan benar memetakan masalah maka dia bisa melangkah untuk mengatasi masalah itu.

Sama seperti dokter. Yang bener dulu diagnosa atau analisa penyakitnya, baru diterapkan obatnya. Buku-buku Bill, Andreas ini isinya adalah pemetaan masalah yang kita hadapi. Dan bagaimana menangani masalah itu. Pemetaan masalah di dunia informasi dan bagaimana menanganinya. Dan itu disajikan dengan contoh-contoh kasus. Yang ditulis dengan cara menarik tapi cukup mudah dicerna. Tidak seperti text book yang kering.

(+) Tapi wartawan terlalu sibuk mengejar kecepatan. Kesadaran untuk membaca jadi terpinggirkan.

(-) Itu salah satu peta masalah.

(+) Mungkin kalaupun buku Blur disodorkan di depannya, belum tentu juga tertarik.

(-) Yup

(+) Heuheu.. bingung dah.

(-) Ya itu, awalnya harus sadar diri dulu dengan masalah.

(+) Tapi tanggungjawab utama, menurutku, ada di petinggi tiap-tiap media. Mereka yang bertanggungjawab meletakkan dasar yang kuat dulu kepada setiap wartawan pemula.

(-) Harusnya memang begitu. Tapi kalau itu tidak ada di mereka, ya artinya kita juga bisa melakukannya sendiri dengan cara cari info sendiri, cari tau sendiri, baca sendiri. Diskusi sendiri dengan teman-teman dst.

(+) Ya seperti kakak, lalu membaginya denganku juga…🙂

(-) Ya begitulah maksud saya

(+) Eh masuk pagi yaa.. ayo siap-siap.

(-) Sarapan dulu😀

(+) Sarapan diskusi yang menyenangkan. Selamat sarapan daun roti sekarang.

(-) Hehe.. yup. Selamaat… Bisa panjang kalau dibahas lebih jauh, lebih luas, lebih dalam soal ini. Saya sudah kadung menganggap buku-buku Bill, Andreas itu kitab suci, wajib baca.

(+) Tapi aku suka obrolan kita pagi ini. Agak lama juga kita nggak diskusi agak serius, hehehe.. sejak aku sakit kayaknya ya..

(-) Oya? Haha trimakasiiiih😀

IMG09063-20130105-1322

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s