Senado Square, Surga Pejalan Kaki (Liputan di Macau III-habis)

Senado Square merupakan salah satu tempat yang paling ramai didatangi di Macau. Lapangan dengan jalan terbuat dari batu berpola gelombang ini, ramai didatangi saat sore dan malam hari. Bangunan-bangunan yang ada di sana berlekuk khas Portugis, menjulang megah di kanan kiri lapangan. Sebagian besar bangunan berwarna pastel. Macau yang menjadi daerah administrasi khusus dari China sejak Desember 1999 ini, memang bekas jajahan Portugis.

Jalanan yang bersih, bebas dari kendaraan serta bangku-bangku yang disediakan di sekitar lapangan membuat tempat ini menjadi surga bagi pejalan kaki. Senado Square dibangun pada 1918 untuk menghubungkan Praira Grande dengan pelabuhan. Lapangan dengan air mancur ini dulunya kerap digunakan oleh pemerintah kolonial untuk menunjukkan kekuatan dan kekuasaan militer mereka.

Bagi anda yang gemar wisata kuliner dan wisata belanja, tempat ini paling pas didatangi. Bangunan di kanan kiri lapangan kebanyakan adalah restoran dan toko pakaian. Tidak hanya toko, ada juga satu lorong yang disesaki lapak-lapak penjual pakaian.

Jangan tanya pakaian mana yang khas Macau. Karena semua pakaian yang dijajakan di sana berasal dari impor. Beberapa lapak bahkan memajang dan menjual daster serta pakaian batik lainnya dari Indonesia. Sepotong pakaian dihargai MOP 50 (sekitar Rp50.000). Hanya saja, setiap pembeli harus membeli sedikitnya dua pakaian dan kelipatannya.

Selain batik Indonesia, ada pula kain-kain dan selendang dari India dan Thailand. Sementara di toko-toko pakaian, anda bisa menemukan pakaian bermerek dengan model keluaran terbaru.

Nah, untuk anda yang suka kuliner, wajib singgah ke Kei Kei Bakery. Toko makanan ini berada di salah satu jalan yang sesaknya minta ampun. Semua orang harus mengantri untuk membeli. Tak sulit mencari toko ini, karena hampir setiap orang yang berjalan di Senado Square, pasti menenteng tas plastik Kei-Kei Bakery. Anda tinggal bertanya ke mana arahnya, penduduk setempat ataupun wisatawan lain akan dengan senang hati menunjukkan arahnya.

Di toko ini anda bisa membeli kue tart Portugis atau egg tart yang manis dan gurih. Bisa dinikmati sambil duduk-duduk di lapangan Senado Square, atau dibawa pulang untuk oleh-oleh. Selain egg tart, ada juga almond cookies dan berbagai macam permen kacang.

Kalau lebih suka yang fresh, beberapa kue dan permen ini dibuat langsung di hadapan pengunjung. Kita juga bisa mencicipi satu dua potong sebelum membeli. Para koki akan menyodorkan kue dan permen buatannya untuk dicicipi, “home made,” kata mereka sembari tersenyum ramah.

Tapi untuk anda yang muslim harus ekstra teliti dan hati-hati dalam memilih. Karena tidak semua komposisi kue dan permen ini halal untuk dikonsumsi. Bacalah dulu komposisi bahan-bahan yang tercantum di kemasan sebelum membeli. Kalau ingin aman, pilihlah kue dan permen yang disediakan bagi para vegetarian. Jangan khawatir, rasanya tetap sama enaknya. (Wta)

IMG07105-20120824-1356
Senado Square di sore hari🙂

IMG07104-20120824-1355
Menikmati Senado Square😀

IMG07111-20120824-1404

IMG07112-20120824-1405
Pakaian made in Indonesia

IMG07115-20120824-1420
Sesaknya pengunjung yang ingin berbelanja di Kei-Kein Bakery

IMG07130-20120824-1614
Belanja oleh-oleh di Kei-Kei Bakery😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s