Caleg Tebar Janji di Warung Makan

Warung makan Pak Min di tikungan jalan An Nur, kelurahan Menteng Dalam, Jakarta Selatan itu biasanya tidak terlalu ramai. Warung yang bersebelahan dengan Apartemen Lavande itu sebenarnya memiliki banyak pilihan menu, tapi sayangnya warung yang diisi oleh banyak gerobak makanan itu lebih sering kosong ditinggalkan penjual. Dari enam meja panjang untuk pembeli yang disediakan, hanya dua meja saja yang dikelilingi kursi plastik. Sisanya dibiarkan kosong.

Namun sejak dua minggu belakangan, penampilan Warung Pak Min lebih meriah, bernuansa merah. Di depan warung berkibar spanduk besar yang menulis deretan menu. Mulai dari sop iga, gado-gado hingga tongseng kambing. Di sebelah daftar menu, terdapat foto caleg berbaju merah kotak-kotak. Panji Virgianto, caleg DPRD Provinsi DKI Jakarta Dapil VIII. Di bagian atas spanduk tertulis janjinya, ‘Membangun Jakarta Baru Bersama Jokowi’. Dari kejauhan, warung itu terlihat lebih mentereng.

Di dalam warung, warna merah masih menyala. Spanduk yang lebih besar dengan ukuran sekitar 10 x 2 meter menyelubungi dinding yang sudah usang. Daftar menu minuman ditulis di sana, bersisian dengan foto sang caleg yang sedang tersenyum.

“Ini dikasih sama orangnya. Sudah dipasang sejak setengah bulan lalu,” kata Aan, penjual jus buah di Warung Pak Min.

Warung makan menjadi pilihan strategis bagi partai dan caleg untuk beriklan diri. Promosi demikian lebih efektif, karena sambil makan, orang bisa melihat dan mengingat-ingat foto dan identitas caleg. Tentu lebih lekat di ingatan ketimbang hanya melihat sepintas lalu di jalanan utama.
Tidak hanya di Warung Pak Min, Panji Virgianto juga memasang spanduk menu di Warung Bu Ida. Gerobak tua di jalan Rasamala yang menjual gado-gado dan gorengan.

Tidak hanya Panji saja yang memanfaatkan warung makan untuk promosi. Di jalan Dukuh Patra, Kuningan, di dekat Warung Sate Abdul Aziz leaflet-leaflet kecil dengan foto Eriko Sotarduga, caleg PDIP DPR RI Dapil II DKI Jakarta. Orang-orang yang mampir makan sate di warung itu, bisa langsung melihat promosi Eriko untuk sekolah dan berobat gratis, mengatasi banjir dan kemacetan.

Tak jauh dari sana, di Jalan Rasamala, menumpuk gerobak penjual makanan yang ramai mulai sore hingga malam. Gerobak ayam dan bebek goreng yang paling penuh laris pembeli. Di atas gerobak-gerobak makan itu, tergantung spanduk Sanusi, caleg PPP. Di spanduknya, Sanusi mengajak masyarakat agar menciptakan suasana tiada hari tanpa membaca Alquran.

Di belokan jalan, dekat penjual ketan bakar dan tempe mendoan, ada lagi spanduk Presiden PKS Anis Matta yang memasang slogan ‘Jaring Aspirasi Indonesia punya Kita’.

Tidak hanya di warung makan, pangkalan ojek pun turut dimanfaatkan oleh para caleg untuk memasang muka mereka. Misalnya Ananda Mustajab Latif, caleg PDIP yang memasang fotonya bersama Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. (Wta)

Dimuat di Media Indonesia, Senin 27 Januari 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s