Melengkapi Dagangan, Menadah dari Pemilik

BUKU murah yang dijual di basement Blok M Plaza ini di antaranya merupakan buku bekas, termasuk buku-buku langka. Pedagang sendiri memiliki pemasok tetap yang menjual buku jenis ini. Salah satu pedagang buku bekas, Andika, mengaku mengkhususkan menjual buku bekas untuk kalangan mahasiswa dengan harga pas kisaran Rp10 ribu. Buku-buku bekas jenis ini menurutnya didapatkan dari para pemilik buku yang segaja menjual kepadanya. “Kalau buku bekas ini, ada pemilik buku yang sudah langganan ke saya. Mereka jual dan saya beli,” ungkapnya.

Dia menerangkan, meskipun buku tersebut bekas, kondisinya masih layak pakai dan sangat dicari mahasiswa-mahasiswa untuk kepentingan kuliah. “Karena untuk mahasiswa kan yang penting isinya bisa dibaca sesuai kebutuhan dan harganya murah.”

Meski buku yang dijajakannya bukan buku baru, Andika memiliki standar untuk kualitas buku-buku yang dijualnya. Karena, kata dia, pembeli juga enggan membeli buku yang halamannya tidak lengkap atau kertasnya sudah dimakan tikus. “Kita lihat kondisinya dulu, kalau masih bagus ada cover yang masih utuh, kondisi kertasnya masih baik, dan tidak banyak coretan, baru kita beli,” jelas Andika.

Selain buku pelajaran, Andika juga menyediakan beberapa buku langka. Hanya saja buku langka yang dipajang tidak selengkap buku-buku pelajaran. Untuk buku-buku langka tertentu, para pembeli harus memesan terlebih dahulu buku yang mereka inginkan. Para penjual biasanya mencari dulu buku yang dipesan tersebut. “Kalau ada yang pesan baru deh kita carikan bukunya. Dan, biasanya buku itu dijual sama pemiliknya,” terangnya.

Untuk harga beli buku langka sendiri, tergantung dari judul dan seberapa langka buku tersebut. Adapun, untuk harga jualnya tentunya tidak bisa disamakan dengan buku bekas yang paling rendah dijualnya Rp10 ribu. Semakin langka, semakin mahal bukunya. Terutama untuk buku-buku yang penulisnya sempat dilarang menulis di Indonesia. Buku langka ini dijual dengan harga ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Ia mencontohkan buku 30 Tahun Indonesia Merdeka yang dipajangnya. Andika menjual dengan harga Rp350 ribu. “Kalau buku langka tergantung jenis bukunya apa dulu. Harga bisa disesuaikan,” tandasnya.

Untuk buku-buku bajakan, Sony, pedagang lainnya, mengaku mendapatkan buku dari daerah Bandung. “Kalau yang begini, kami langsung dapat dari Ban-dung. Mereka yang antar ke kami,” kata Sony. (Nel/J-4)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s